SILABUS
Sekolah :
SMP Negri 5 Tinambung
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 2 ( dua )
Mata Pelajaran : SENI
BUDAYA / SENI RUPA
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi
karya seni rupa
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Wak tu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1.Mengindentifika-
si jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
3.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunik- an gagasan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
·
Seni rupa terapan modern
daerah setempat
·
Seni rupa terapan modern
daerah setempat
|
·
Membaca referensi
·
Mengamati contoh-contoh
karya seni rupa terapan modern
·
Mengunjungi pameran daerah setempat
·
Menuliskan tanggapan proses
pembuatan seni rupa terapan modern daerah setempat
|
·
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat.
·
Mendiskripsikan karya seni
rupa terapan modern daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya
·
Mengidentifikasi ciri-ciri
khusus pada bentuk karya seni rupa terapan modern daerah setempat
·
Membuat tanggapan tertulis
tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
·
Jelaskan proses pembuatan
salah satu karya seni rupa terapan mo dern di daerahmu
·
Diskripsikan ciri-ciri
khusus karya seni rupa terapan modern daerahmu
·
Buatlah tanggapan tertulis
tentang keragaman hasil seni rupa terapan modern daerah setempat
|
6 jp
4 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
|
Tinambung,10 Januari 2011
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 5 Tinambung Guru Mata Pelajaran
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912 198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
SILABUS
Sekolah :
SMP Negeri 5 Tinambung
Kelas/ Semester : VII
(Tujuh)/ 2 ( dua )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI RUPA
Standar Kompetensi : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Wak tu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1.
Menggambar
ben- tuk dengan obyek karya seni rupa te rapan tiga dimensi daerah setempat
4.2. Membuat karya
seni kriya dengan teknik dan
corak daerah setempat
4.3. Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri
untuk pameran kelas atau sekolah
4.4 Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas
atau sekolah
|
·
Menggambar bentuk
·
Pameran karya seni rupa
·
Ornamen daerah setempat
·
Teknik pembuatan gambar desain
·
Media yang digunakan untuk membuat benda fungsional.
·
Karya seni rupa terapan daerah setempat.
·
Pameran karya seni rupa
|
· Membaca referensi
· Mengamati contoh-contoh
karya seni rupa
· Membuat gambar bentuk seni
rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
· Membuat karya seni kriya
dengan teknik dan corak daerah setempat
· Membuat rancangan pameran
,meliputi jad- wal, tempat, perlengkap an dan jumlah karya
· Memamerkan hasil karya di kelas/sekolah
|
·
Membuat sketsa gambar seni rupa terapan tiga dimensi
·
Menggambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari
daerah setempat
·
Membentuk benda fungsional berdasarkan teknik dan corak
seni kriya daerah setempat
·
Merancang pameran karya seni rupa dua dimensi dan tiga
dimensi buatan sendiri di kelas
·
Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dimensi dan
tiga dimensi buatan sendiri di kelas
atau sekolah
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Penuga san
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
produk
Uji petik kerja produk
Tugas
rumah
Uji petik kerja prose dur dan produk
|
·
Buatlah gambar bentuk dengan objek seni rupa terapan
modern tiga dimensi dari daerah setempat
·
Buatlah karya seni kriya dengan teknik dan corak daerahmu
·
Buatlah Proposal pelaksanaan pameran hasil karya
sendiri di kelas
·
Buatlah pameran hasil karya seni rupa baik dua dimensi
maupun tiga dimensi hasil karyamu sendiri di kelas.
|
8 jp
8 jp
4 jp
4 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
|
Tinambung, 10 Januari 2011
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912
198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar