Kamis, 08 Maret 2012

RPP Seni Rupa VII Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP N0. 1  )

Sekolah                                            :  SMP  Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran                             :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
Kelas / Semester                          :  VII /  2
Alokasi Waktu                               :  6 X  40 menit     ( 3 X pertemuan )

A. Standar Kompetensi                
3.   Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
                3.1.Mengidentifikasi jenis karya seni rupa daerah setempat
C. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu  :
      1.  Mengidentifikasi ragam jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat
      2.  Mendeskripsikan perbedaan karya seni rupa terapan tradisional dengan karya
seni rupa terapan modern daerah setempat
      3.  Mendiskripsikan karya seni rupa terapan modern daerah setempat berdasarkan
teknik pembuatannya.
C.  Materi Pokok/ pembelajaran
·               Karya seni rupa terapan modern daerah setempat
D. Metode Pembelajaran
      Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
E. Langkah-langkah kegiatan
    Pertemuan 1
     a.   Pendahuluan   :
             -  Penayangan gambar atau media lain tentang ragam karya seni terapan tradisional dan karya seni rupa terapan modern daerah setempat
              -  Tanya jawab tentang keragaman jenis karya seni rupa daerah setempat yang telah ditayangkan.
     b. Kegiatan Inti
·         Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan modern  daerah setempat.
·         Mendiskripsikan perbedaan karya seni rupa terapan tradisional dengan karya seni rupa terapan modern
  Pertemuan 2  :
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan keragaman seni rupa terapan modern daerah setempat.
  Pertemuan 3    :
·         Siswa mendeskripsikan perbedaan karya seni rupa terapan tradisional dengan karya seni rupa terapan modern daerah setempat secara tertulis
c.  Kegiatan Penutup
                -  Siswa menyampaikan laporan tertulis
F . Sumber belajar
  • Media cetak
  • Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa

F.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Pencapaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat
Ø  Mendiskripsikan karya seni rupa terapan modern daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya

Tes tulis
Tes uraian
Ø  Jelaskan proses pembuatan salah satu karya seni rupa terapan modern di daerahmu
Ø  Diskripsikan ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan modern daerahmu


Lembar penilaian :
No

Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Pemahaman materi






2
Teknik penulisan





3
Kwantitas contoh karya






Score maksimal

15









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik
          
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :                                                                                                    
    Kepala SMP Negeri 5 Tinambung                                                                          Guru Mata Pelajaran


   SAMIJAN, S.Pd                                                                                               ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
   NIP.19580912 198111 1 003                                                                                       NIP.19700102 200701 1 031



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP N0. 2  )

Sekolah                        :  SMP  Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran         : Seni Budaya  /  Seni Rupa
Kelas / Semester      :  VII /  2
Alokasi Waktu           :  4 X  40 menit     ( 2 X pertemuan )

A. Standar Kompetensi
                3.   Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
                3.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa  terapan daerah setempat
C. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu  :
      1.  Memberi contoh karya seni rupa terapan modern di daerahnya
      2.  Membuat tanggapan sesuai pendapatnya tentang keunikan dari  jenis karya seni
           rupa terapan  yang dicontohkannya.
D.  Materi Pokok/ pembelajaran
·               Karya seni rupa terapan modern daerah setempat
E. Metode Pembelajaran
      Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
F. Langkah-langkah kegiatan
    Pertemuan 1
     a.   Pendahuluan   :
·         Tanya jawab tentang jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat
     b. Kegiatan Inti   :
·         Mencari data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan modern daerah stempat dan keterangannya
      Pertenuan 2 :
·         Mendiskusikan beragam jenis, bentuk, teknik pembuatandan fungsi pada karya seni rupa terapan modern daerah setempat.
·         Membuat tanggapan tertulis hasil diskusi kelompok
c.  Kegiatan Penutup
                - Guru memberikan kesimpulan sebagai refleksi dari hasil tanggapan siswa..
 G . Sumber belajar
  • Media cetak
  • Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa



H.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Pencapaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan modern daerah setempat
Ø  Membuat tanggapan tertulis tentang  keunikan gagasan teknik karya seni rupa  modern daerah setempat
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi
Ø  Buatlah tanggapan tertulis tentang keragaman hasil seni rupa terapan modern daerah  setempat

Lembar penilaian :
No

Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Pemahaman materi






2
Teknik penulisan





3
Kwantitas contoh karya






Score maksimal

15









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik

          
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :                                                                                                    
    Kepala SMP Negeri 5 Tinambung                                                                          Guru Mata Pelajaran


   SAMIJAN, S.Pd                                                                                               ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
   NIP.19580912 198111 1 003                                                                                       NIP.19700102 200701 1 031









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP N0. 3  )

Sekolah                                                :  SMP  Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran                 :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
Kelas / Semester              :  VII /  2
 Alokasi Waktu                  :  8 X  40 menit    ( 4 X pertemuan )

A.      Standar Kompetensi
4.       Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
                4.1.Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat.
C. Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu  :
      1.  Membuat sketsa gambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
      2.  Menerapkan teknik perspektif
      3.  Membuat gambar bentuk benda tiga dimensi dari seni terapan daerah setempat
D.  Materi Pokok/ pembelajaran
·               Teknik arsir gelap terang
·               Ornamen benda seni terapan
E. Metode Pembelajaran
     Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill
F. Langkah-langkah kegiatan
                Pertemuan  1 :
     a.   Pendahuluan   :
1.       Motivasi  dengan menunjukkan contoh gambar –gambar benda tiga dimensi dari karya seni rupa terapan modern daerh setempat,
2.         Siswa diminta mencoba membuat sketsa dari salah satu bentuk benda yang ditayangkan dengan caranya sendiri
     b. Kegiatan Inti
·         Guru memberi arahan teknis .
·         Berlatih menggambar sketsa benda tiga dimensi dengan teknik perspektif   1 titik atau 2 titik  hilang
Pertemuan 2 :
·         Membuat gambar benda tiga dimensi dari seni terapan modern daerah setempat yang dipilih
Pertemuan 3 :
·         Membuat arsiran gelap terang sesuai arahan guru
·         Guru memberi arahan teknis lanjutan berdasarkan gambar yang telah dikerjakan
·         Guru menugaskan agar gambar diselesaikan di rumah
Pertemuan 4 :
·         Siswa mengumpulkan hasil karyanya
·         Guru memberi komentar terhadap karya siswa sebagai bentuk refleksi
      c.  Kegiatan Penutup :
·         Guru memberi kesimpulan atas karya siswa
G. Alat dan sumber belajar
·         Media cetak
·         Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
·         Benda model
H.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Pencapaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ø  Membuat sketsa dari karya seni rupa  terapan daerah setempat
Ø  Membuat  gambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
Ø  Buatlah gambar bentuk dengan objek seni  rupa terapan modern tiga dimensi dari daerah setempat

Lembar penilaian
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Ketepatan bentuk





2
Teknik





3
Kesesuaian tema





4
Ekspresi





5
Kreativitas






Score maksimal

25









  

    KETERANGAN :
    1.  = Sangat Kurang  
    2   = Kurang              
    3   = Cukup
    4   = Baik
     5  = Sangat baik          
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :                                                                                                    
    Kepala SMP Negeri 5 Tinambung                                                                          Guru Mata Pelajaran


   SAMIJAN, S.Pd                                                                                               ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
   NIP.19580912 198111 1 003                                                                                       NIP.19700102 200701 1 031




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP N0. 4  )

Sekolah                                                :  SMP  Negeri 5 Tinambung
                Mata Pelajaran                 :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
                Kelas / Semester              :  VII /  2
                Alokasi Waktu                   :  8 X  40 menit    ( 4 X pertemuan )

A. Standar Kompetensi
                4.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
                4.2. Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
C. Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu  :
a.             Membuat gambar disain benda fungsional dengan corak daerah setempat
b.            Membuat benda fungsional berdasarkan teknik dan corak seni kriya daerah setempat.
D.  Materi Pokok/ pembelajaran
·               Ornamen daerah setempat
·               Teknik pembuatan gambar disain
·               Media yang digunakan untuk membuat benda fungsional

E. Metode Pembelajaran
     Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill
F. Langkah-langkah kegiatan
                Pertemuan  1 :
     a.   Pendahuluan   :
1.       Tanya- jawab tentang beragam benda pakai (karya seni rupa terapan) 
2.         Siswa memilih jenis benda pakai dan benda fungsional yang akan dibuat
     b. Kegiatan Inti
·         Guru memberi arahan teknis .
·         Membuat gambar disain benda fungsional
·         Guru menyarankan agar gambar dilanjutkan di rumah
·         Menentukan media yang akan digunakan untuk membuat bendafungsional
Pertemuan 2 :
·         Mulai membuat benda pakai sesuai dengan gambar disain yang telah dibuat
                Pertemuan 3 :
·         Mengkonsultasikan pada Guru tentang hasil yang telah dicapai untuk mendapat pengarahan lanjutan
                Pertemuan 4 :
·         Finishing pembuatan benda fungsional
      c.  Kegiatan Penutup :
·         Guru membimbing siswa melaksanakan refleksi menilai karya sendiri             maupun temannya


G. Alat dan sumber belajar
·         Media cetak
·         Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
·         Benda model
·         Alat dan media yang sesuai

H.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Pencapaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ø  Membentuk benda fungsional berdasarkan  teknik dan corak seni kriya daerah setempat.
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur
Ø  Buatlah karya seni kriya dengan teknik dan corak daerahmu
.                                                          
Lembar penilaian   :
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Gambar disain





2
Ide gagasan





3
Bentuk





4
Unsur estetika





5
Finishing






Score maksimal

25









  

    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang    2  = Kurang         3  = Cukup    4  = Baik   5  = Sangat baik          

 
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :                                                                                                    
    Kepala SMP Negeri 5 Tinambung                                                                          Guru Mata Pelajaran


   SAMIJAN, S.Pd                                                                                               ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
   NIP.19580912 198111 1 003                                                                                       NIP.19700102 200701 1 031




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP N0. 5  )

Sekolah                                    : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester                  : VII / 2
Alokasi Waktu                       : 4 X 40 menit ( 2  x pertemuan )

A. Standar Kompetensi
                4..  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
                4.3.  Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
C. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu  :
      1.  Membuat rancangan/proposal kegiatan pameran
      2.  Menyiapkan hasil karya yang akan dipamerkan
D.  Materi Pokok/ pembelajaran
·               Karya seni rupa terapan modern daerah setempat
E. Metode Pembelajaran
      Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
F. Langkah-langkah kegiatan
    Pertemuan 1
     a.   Pendahuluan   :
·         Guru menunjukkan contoh-contoh proposal kegiatan pameran hasil karya siswa terdahulu.
     b. Kegiatan Inti   :
·         Menelaah contoh proposal dan menentukan model yang akan dilaksanakan

Pertemuan 2  :
·         Membuat Proposal kegiatan pameran (secara perseorangan)

                      c.  Kegiatan Penutup
                - Guru memberikan kesimpulan sebagai refleksi dari hasil tanggapan siswa..
 E . Sumber belajar
  • Media cetak
  • Media elektronik
  • Karya siswa
F.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Pencapaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ø  Merancang pameran karya seni rupa (dua dimensi dan tiga dimensi) buatan sendiri di kelas
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur
Ø  Buatlah proposal kegiatan pameran di kelasmu secara kelompok dengan materi karya yang telah kamu buat sebelumnya

Lembar penilaian :
No

Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Pemahaman materi






2
Teknik penulisan





3
Kreativitas






Score maksimal

15









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik

          
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :                                                                                                    
    Kepala SMP Negeri 5 Tinambung                                                                          Guru Mata Pelajaran


   SAMIJAN, S.Pd                                                                                               ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
   NIP.19580912 198111 1 003                                                                                       NIP.19700102 200701 1 031

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP N0. 6  )

Sekolah                                    : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester                  : VII / 2
Alokasi Waktu                       : 4 X 40 menit ( 2  x pertemuan )

A. Standar Kompetensi
                4.    Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
B. Kompetensi Dasar
                4.4. Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah.
C. Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu  :
·         Bekerja-sama dengan teman satu kelompok sesuai dengan fungsinya
·         Menyiapkan karya yang akan dipamerkan
·         Menata hasil karya sesuai jenisnya
·         Mengelola pameran
D.  Materi Pokok/ pembelajaran
·   Pameran karya seni rupa.
E. Metode Pembelajaran
     Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill
F. Langkah-langkah kegiatan
                Pertemuan 1 :
     a.   Pendahuluan   :
·         Pengarahan teknis dari Guru
·         Menentukan proposal yang akan dilaksanakan
     b. Kegiatan Inti
·         Membagi tugas sesuai fungsinya dalm kepanitiaan
·         Melaksanakan tugas berdasarkan proposal yang dipakai
·         Menyiapkan , mengelompokkan dan memberi keterangan pada karya yang akan dipamerkan
·         Membuat katalog

                Pertemuan 2 :
·          Menata hasil karya dan melaksanakan pameran.
·          Membuat konsep laporan kegiatan
      c.  Kegiatan penutup.
                Guru membimbing siswa mengevaluasi kegiatan dan memberi tugas agar siswa                membuat laporan
G.  Sumber belajar
·         Media cetak
·         Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
H.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Pencapaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ø  Melaksanakan pameran seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi hasil karya sendiri
Tes unjuk kerja
Uji petik  kerja prosedur dan produk
Ø  Buatlah pameran karya seni rupa baik dua dimensi maupun tiga dimensi hasil karyamu  sendiri di kelas
                                               
Lembar penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Kerja sama






2
Penataan






3
Pengelolaan/manajemen






4
Estetika






5
Laporan







Score maksimal

25









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik

          
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :                                                                                                    
    Kepala SMP Negeri 5 Tinambung                                                                          Guru Mata Pelajaran


   SAMIJAN, S.Pd                                                                                                               ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
   NIP.19580912 198111 1 003                                                                                       NIP.19700102 200701 1 031







Tidak ada komentar:

Posting Komentar