RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0. 1 )
Sekolah : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit ( 3 X pertemuan )
A. Standar Kompetensi
3. Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
3.1.Mengidentifikasi jenis karya seni rupa daerah setempat
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Mengidentifikasi ragam jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat
2. Mendeskripsikan perbedaan karya seni rupa terapan tradisional dengan karya
seni rupa terapan modern daerah setempat
3. Mendiskripsikan karya seni rupa terapan modern daerah setempat berdasarkan
teknik pembuatannya.
C. Materi Pokok/ pembelajaran
· Karya seni rupa terapan modern daerah setempat
D. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
E. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a. Pendahuluan :
- Penayangan gambar atau media lain tentang ragam karya seni terapan tradisional dan karya seni rupa terapan modern daerah setempat
- Tanya jawab tentang keragaman jenis karya seni rupa daerah setempat yang telah ditayangkan.
b. Kegiatan Inti
· Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat.
· Mendiskripsikan perbedaan karya seni rupa terapan tradisional dengan karya seni rupa terapan modern
Pertemuan 2 :
· Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan keragaman seni rupa terapan modern daerah setempat.
Pertemuan 3 :
· Siswa mendeskripsikan perbedaan karya seni rupa terapan tradisional dengan karya seni rupa terapan modern daerah setempat secara tertulis
c. Kegiatan Penutup
- Siswa menyampaikan laporan tertulis
F . Sumber belajar
- Media cetak
- Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Pencapaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Ø Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat
Ø Mendiskripsikan karya seni rupa terapan modern daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Ø Jelaskan proses pembuatan salah satu karya seni rupa terapan modern di daerahmu
Ø Diskripsikan ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan modern daerahmu
|
Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Pemahaman materi
| |||||||
2
|
Teknik penulisan
| |||||||
3
|
Kwantitas contoh karya
| |||||||
Score maksimal
|
15
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 5 Tinambung Guru Mata Pelajaran
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912 198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0. 2 )
Sekolah : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit ( 2 X pertemuan )
A. Standar Kompetensi
3. Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
3.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Memberi contoh karya seni rupa terapan modern di daerahnya
2. Membuat tanggapan sesuai pendapatnya tentang keunikan dari jenis karya seni
rupa terapan yang dicontohkannya.
D. Materi Pokok/ pembelajaran
· Karya seni rupa terapan modern daerah setempat
E. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
F. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a. Pendahuluan :
· Tanya jawab tentang jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat
b. Kegiatan Inti :
· Mencari data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan modern daerah stempat dan keterangannya
Pertenuan 2 :
· Mendiskusikan beragam jenis, bentuk, teknik pembuatandan fungsi pada karya seni rupa terapan modern daerah setempat.
· Membuat tanggapan tertulis hasil diskusi kelompok
c. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesimpulan sebagai refleksi dari hasil tanggapan siswa..
G . Sumber belajar
- Media cetak
- Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Pencapaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Ø Mengidentifikasi ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan modern daerah setempat
Ø Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan gagasan teknik karya seni rupa modern daerah setempat
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
Ø Buatlah tanggapan tertulis tentang keragaman hasil seni rupa terapan modern daerah setempat
|
Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Pemahaman materi
| |||||||
2
|
Teknik penulisan
| |||||||
3
|
Kwantitas contoh karya
| |||||||
Score maksimal
|
15
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 5 Tinambung Guru Mata Pelajaran
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912 198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0. 3 )
Sekolah : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit ( 4 X pertemuan )
A. Standar Kompetensi
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
4.1.Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat.
C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1. Membuat sketsa gambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
2. Menerapkan teknik perspektif
3. Membuat gambar bentuk benda tiga dimensi dari seni terapan daerah setempat
D. Materi Pokok/ pembelajaran
· Teknik arsir gelap terang
· Ornamen benda seni terapan
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill
F. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1 :
a. Pendahuluan :
1. Motivasi dengan menunjukkan contoh gambar –gambar benda tiga dimensi dari karya seni rupa terapan modern daerh setempat,
2. Siswa diminta mencoba membuat sketsa dari salah satu bentuk benda yang ditayangkan dengan caranya sendiri
b. Kegiatan Inti
· Guru memberi arahan teknis .
· Berlatih menggambar sketsa benda tiga dimensi dengan teknik perspektif 1 titik atau 2 titik hilang
Pertemuan 2 :
· Membuat gambar benda tiga dimensi dari seni terapan modern daerah setempat yang dipilih
Pertemuan 3 :
· Membuat arsiran gelap terang sesuai arahan guru
· Guru memberi arahan teknis lanjutan berdasarkan gambar yang telah dikerjakan
· Guru menugaskan agar gambar diselesaikan di rumah
Pertemuan 4 :
· Siswa mengumpulkan hasil karyanya
· Guru memberi komentar terhadap karya siswa sebagai bentuk refleksi
c. Kegiatan Penutup :
· Guru memberi kesimpulan atas karya siswa
G. Alat dan sumber belajar
· Media cetak
· Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
· Benda model
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Pencapaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Ø Membuat sketsa dari karya seni rupa terapan daerah setempat
Ø Membuat gambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
Ø Buatlah gambar bentuk dengan objek seni rupa terapan modern tiga dimensi dari daerah setempat
|
Lembar penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Ketepatan bentuk
| |||||||
2
|
Teknik
| |||||||
3
|
Kesesuaian tema
| |||||||
4
|
Ekspresi
| |||||||
5
|
Kreativitas
| |||||||
Score maksimal
|
25
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 5 Tinambung Guru Mata Pelajaran
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912 198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0. 4 )
Sekolah : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit ( 4 X pertemuan )
A. Standar Kompetensi
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
4.2. Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
a. Membuat gambar disain benda fungsional dengan corak daerah setempat
b. Membuat benda fungsional berdasarkan teknik dan corak seni kriya daerah setempat.
D. Materi Pokok/ pembelajaran
· Ornamen daerah setempat
· Teknik pembuatan gambar disain
· Media yang digunakan untuk membuat benda fungsional
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill
F. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1 :
a. Pendahuluan :
1. Tanya- jawab tentang beragam benda pakai (karya seni rupa terapan)
2. Siswa memilih jenis benda pakai dan benda fungsional yang akan dibuat
b. Kegiatan Inti
· Guru memberi arahan teknis .
· Membuat gambar disain benda fungsional
· Guru menyarankan agar gambar dilanjutkan di rumah
· Menentukan media yang akan digunakan untuk membuat bendafungsional
Pertemuan 2 :
· Mulai membuat benda pakai sesuai dengan gambar disain yang telah dibuat
Pertemuan 3 :
· Mengkonsultasikan pada Guru tentang hasil yang telah dicapai untuk mendapat pengarahan lanjutan
Pertemuan 4 :
· Finishing pembuatan benda fungsional
c. Kegiatan Penutup :
· Guru membimbing siswa melaksanakan refleksi menilai karya sendiri maupun temannya
G. Alat dan sumber belajar
· Media cetak
· Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
· Benda model
· Alat dan media yang sesuai
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Pencapaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Ø Membentuk benda fungsional berdasarkan teknik dan corak seni kriya daerah setempat.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Ø Buatlah karya seni kriya dengan teknik dan corak daerahmu
|
.
Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Gambar disain
| |||||||
2
|
Ide gagasan
| |||||||
3
|
Bentuk
| |||||||
4
|
Unsur estetika
| |||||||
5
|
Finishing
| |||||||
Score maksimal
|
25
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5 = Sangat baik
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 5 Tinambung Guru Mata Pelajaran
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912 198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0. 5 )
Sekolah : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi
4.. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
4.3. Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Membuat rancangan/proposal kegiatan pameran
2. Menyiapkan hasil karya yang akan dipamerkan
D. Materi Pokok/ pembelajaran
· Karya seni rupa terapan modern daerah setempat
E. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
F. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a. Pendahuluan :
· Guru menunjukkan contoh-contoh proposal kegiatan pameran hasil karya siswa terdahulu.
b. Kegiatan Inti :
· Menelaah contoh proposal dan menentukan model yang akan dilaksanakan
Pertemuan 2 :
· Membuat Proposal kegiatan pameran (secara perseorangan)
c. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesimpulan sebagai refleksi dari hasil tanggapan siswa..
E . Sumber belajar
- Media cetak
- Media elektronik
- Karya siswa
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Pencapaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Ø Merancang pameran karya seni rupa (dua dimensi dan tiga dimensi) buatan sendiri di kelas
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Ø Buatlah proposal kegiatan pameran di kelasmu secara kelompok dengan materi karya yang telah kamu buat sebelumnya
|
Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Pemahaman materi
| |||||||
2
|
Teknik penulisan
| |||||||
3
|
Kreativitas
| |||||||
Score maksimal
|
15
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 5 Tinambung Guru Mata Pelajaran
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912 198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0. 6 )
Sekolah : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
B. Kompetensi Dasar
4.4. Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah.
C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
· Bekerja-sama dengan teman satu kelompok sesuai dengan fungsinya
· Menyiapkan karya yang akan dipamerkan
· Menata hasil karya sesuai jenisnya
· Mengelola pameran
D. Materi Pokok/ pembelajaran
· Pameran karya seni rupa.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill
F. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1 :
a. Pendahuluan :
· Pengarahan teknis dari Guru
· Menentukan proposal yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan Inti
· Membagi tugas sesuai fungsinya dalm kepanitiaan
· Melaksanakan tugas berdasarkan proposal yang dipakai
· Menyiapkan , mengelompokkan dan memberi keterangan pada karya yang akan dipamerkan
· Membuat katalog
Pertemuan 2 :
· Menata hasil karya dan melaksanakan pameran.
· Membuat konsep laporan kegiatan
c. Kegiatan penutup.
Guru membimbing siswa mengevaluasi kegiatan dan memberi tugas agar siswa membuat laporan
G. Sumber belajar
· Media cetak
· Buku Mata Pelajaran Seni budaya / Seni Rupa
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Pencapaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Ø Melaksanakan pameran seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi hasil karya sendiri
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
Ø Buatlah pameran karya seni rupa baik dua dimensi maupun tiga dimensi hasil karyamu sendiri di kelas
|
Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Jml
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
1
|
Kerja sama
| |||||||
2
|
Penataan
| |||||||
3
|
Pengelolaan/manajemen
| |||||||
4
|
Estetika
| |||||||
5
|
Laporan
| |||||||
Score maksimal
|
25
| |||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
Tinambung, 10 Januari 2011
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 5 Tinambung Guru Mata Pelajaran
SAMIJAN, S.Pd ACO MASDAR DJUHA, S.Pd
NIP.19580912 198111 1 003 NIP.19700102 200701 1 031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar