Jumat, 16 Maret 2012

RPP Seni Rupa Kelas VIII Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP N0. 1  )

Sekolah                                    :  SMP Negeri 5 Tinambung
          Mata Pelajaran                         :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
          Kelas / Semester                      :  VIII /  2
          Pertemuan ke                           :  1 - 3
Alokasi Waktu                           :  6 X  40 menit  ( 3 X pertemuan )

A. Standar Kompetensi
          9.   Mengapresiasi karya seni rupa

B. Kompetensi Dasar
          9.1.Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara

C. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu  :
      1.  Mengidentifikasi sedikitnya 10 ragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara
      2.  Mengidentifikasi motif ragam hiasnya.
      3.  Mendeskripsikan bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna masing-masing

v  Karakter siswa yang diharapkan :                   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

D.  Materi Pokok/ pembelajaran
·               Karya seni rupa terapan modern daerah setempat

E. Metode Pembelajaran
      Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning

F. Langkah-langkah kegiatan

a.    Pendahuluan   :
·       Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai oleh siswa.
·       Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa
·       Melihat gambar atau media lain tentang ragam karya seni terapan Nusantara

     b. Kegiatan Inti
·         Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara
·         Mengidentifikasi motif ragam hias yang digunakan
·         Mendiskripsikan motif ragam hias yang digunakan
·         Meniskripsikan bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna sedikitnya 10 ragam jenios seni rupa terapan Nusantara
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan keragaman seni rupa terapan Nusantara
·         Guru memberi tugas agar siswa mencari dan mengumpulkan gambar-gambar karya seni rupa terapan Nusantara.

 c.  Kegiatan Penutup
·         Tes tertulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar