RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0. 1
)
Sekolah : SMP Negeri 5 Tinambung
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Rupa
Kelas
/ Semester : VIII /
2
Pertemuan
ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit ( 3 X pertemuan )
A. Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
9.1.Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan
Nusantara
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
mampu :
1. Mengidentifikasi sedikitnya 10 ragam jenis
karya seni rupa terapan Nusantara
2. Mengidentifikasi motif ragam hiasnya.
3. Mendeskripsikan bentuk, teknik pembuatan,
fungsi dan makna masing-masing
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
D. Materi Pokok/
pembelajaran
·
Karya seni rupa terapan modern daerah setempat
E. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual
Teaching and Learning
F. Langkah-langkah kegiatan
a.
Pendahuluan :
· Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang
akan dicapai oleh siswa.
· Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa
· Melihat
gambar atau media lain tentang ragam karya seni terapan Nusantara
b. Kegiatan Inti
·
Mengidentifikasi
beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara
·
Mengidentifikasi
motif ragam hias yang digunakan
·
Mendiskripsikan
motif ragam hias yang digunakan
·
Meniskripsikan
bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna sedikitnya 10 ragam jenios seni rupa
terapan Nusantara
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan keragaman seni
rupa terapan Nusantara
·
Guru memberi tugas agar siswa mencari dan mengumpulkan
gambar-gambar karya seni rupa terapan Nusantara.
c. Kegiatan Penutup
·
Tes tertulis